Sunday, August 25, 2013

PEMILIHAN KECAMBAH SAWIT | BIBIT SAWIT


   Dasar Pemilihan Bibit Sawit | Pengangkutan Kecambah Sawit



1.    Benih memiliki kontribusi input 7% sd 8% dari total investasi Biaya Awal. Namun kualitas dan     karakteristiknya merupakan hal yang sangat krusial dalam mempengaruhi proses pertumbuhan dan produktivitas secara keseluruhan.
2.    Benih selain bergantung kepada faktor lingkungan, budidaya dan juga manajemen, benih juga sangat ditentukan oleh karakteristiknya sendiri.

3.    Benih unggul harus diperoleh melalui suatu program pemuliaan jangka panjang yang konsisten dan jelas asal usulnya.
4.    Bahan unggul juga harus teruji setelah ditanam diperkebunan komersial secara luas. Baik dari segi pertumbuhan, produktivitasnya serta memiliki umur ekonomis yang panjang, masa TBM (tanaman belum menghasilkan) yang pendek dan mudah dalam pengelolaannya.
5.    Untuk lebih terjamin kualitas, kecambah dapat dibeli dari perusahaan yang sudah ternama yang menyediakan bibit unggul, untuk menghindari penipuan disini saya sarankan dalam melakukan pembelian kecambah jangan melalui Agen.

Pengangkutan  Kecambah
1.    Kecambah kita terima sudah dikemas dalam peti kayu atau karton yang tersegel dan didalam kemasan tersebut kecambah dikemas lagi  dalam kantong kemasan plastik berisi 100 butir per kantong (plus extra).
2.    Pengangkutan kecambah ketempat persemaian sebaiknya menggunakan mobil bak yang tertutup dan menggunakan AC hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan.
3.    Jangan menunda nunda waktu penyemaian kecambah maksimum waktu pengiriman kecambah 5 hari dalam kondisi ber AC.
4.    Pada saat kecambah sampai di pembibitan sebaiknya disimpan didalam ruangan ber AC lembab dan tidak dibiarkan terbuka dalam ruangan yang panas dan kering.

Seleksi kecambah
1.    Seleksi kecambah dilakukan sejak dibuka dari kemasan hingga akan ditanam.
2.    Kecambah yang diafkir adalah kecambah yang bakal daun atau bakal akarnya patah, sangat bengkok, ujung membengkok dan busuk. Terdapat tanda serangan jamur atau penyakit lainnya.
3.    Kecambah afkir dikumpul jadi satu dan dibuat berita acara afkir.

No comments: