Saturday, September 14, 2013

Pengendalian Hama Penyakit Bibit Kelapa Sawit


KUMBANG MALAM
Pada prinsipnya pengendalian hama dan penyakit di Pre Nursery bersifat pencegahan  yang dilakukan secara rutin setiap minggu sekali. Hal yang terpenting dalam pengendalian hama dan penyakit di Pre Nursery adalah tidak menggunakan semua Fungisida yang mengandung ikatan Tembaga (coper), Air raksa (mercury) dan Timah (tin).
Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan tumbuh yang baik terutama mengurangi kelembaban dan menghilangkan sumber infeksi antara lain:
  •  Mengurangi pelindung.
  • Membuang bagian bibit yang sakit dengan pisau yang steril.
  • Bibit yang terinfeksi berat dibongkar dan dibakar.
  • Tanah pengisi kantong plastik harus bebas dari Infeksi hama dan penyakit.
  • Bahan pelindung dipilih yang bebas hama dan penyakit. 
  •  Menghindarkan penggunaan bambu untuk pagar pembibitan karena akan menjadi sarang  tikus.
Tindakan pemberantasan merupakan salah satu tindakan untuk membasmi hama atau penyakit. Jenis Hama yang umum dijumpai antara lain:

  
Jenis Hama yang umum menyerang Pre Nursery:

 Hama yang umum menyerang Bibit Kelapa Sawit yaitu: Kumbang Malam, kutu daun, tengu, ulat api, ulat kantong, belalang, semut, jangkrik, keong dan tikus. Untuk penanggulangan hama dapat dilakukan dengan penyemprotan Insektisida konsentrasi 0,1 % seperti Matador dan Decis. Penggunaan jenis Insektisida dilakukan secara bergantian untuk menghindari kekebalan terhadap satu jenis Insektisida. Misalnya minggu pertama menggunakan jenis Matador untuk minggu kedua menggunakan Decis. Hama semut dikendalikan dengan menaburkan HCH Powder disekeliling bedengan.
 
Hama Kumbang Malam (Apogonia) berwarna hitam polos, panjangnya 1,2 cm, tidak berbulu, merupakan hama umum di pembibitan kelapa sawit. Kumbang memakan daun dari tepi anak-anak daun, menyerang terutama pada jam-jam awal malam hari. Pada siang hari kumbang bersembunyi 1-2 cm di bawah permukaan tanah. Tingkat populasi kritis 15 kumbang per bibit.
Serangan Kumbang Malam
 
 Pengendaliannya dengan mencari di tanah di dalam atau di luar polybag bibit, penaburan insektisida granuler sebanyak 4-5 g/bibit/bulan, atau penyemprotan dengan insektisida pada malam hari. atau dengan menggunakan perangkap waktu malam hari dengan alat penerang misalnya obor atau senter atau membersihkan areal disekitar pembibitan dari sampah dan rerumputan. 

Jenis Penyakit yang umum menyerang Pre Nursery:
 
 Penyakit Akar dan Daun yang disebabkan oleh bermacam macam jamur dan cendawan.
Untuk penanggulangannya menggunakan fungisida seperti Zineb, Maneb dengan konsentrasi 200-300 gr per 100 liter air. 

Dalam pemakaian alat semprot perlu diperhatikan agar alat semprot yang digunakan adalah khusus dan jangan dipakai untuk penggunaan lain. Misalnya alat bekas pemakaian herbisida tidak boleh digunakan untuk alat penyemprotan hama dan penyakit.

No comments: